SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI VIRTUAL-REALITY




                                                             
       Virtual-Reality sudah melampaui konsep waktu yang diciptakan dan diformalkan. Dalam sejarah Virtual-Reaity, kita semua tahu bahwa bagaimana teknologi telah berkembang begitu pesat dan bagaimana pelopor pertama telah membuka jalan Virtual-Reality yang kita kenal sekarang.

PERCOBAAN AWAL VIRTUAL-REALITY

 Lukisan panorama

    Jika kita lebih fokus pada ruang lingkup Virtual-Reality  sebagai sarana untuk menciptakan ilusi seoalah kita hadir di tempat yang sebenernya bukan berada di waktu dan tempat yang sama(real-time),pada upaya awalnya Virtual-Reality adalah sebuah lukisan mural 360 derajat (lukisan panorama) dari abad ke-19 lukisan-lukisan ini dimaksudkan untuk mengisi keseluruhan bidang penglihatan para penonton, membuat mereka merasa hadir dalam beberapa peristiwa atau pemandangan bersejarah.


1929 - SIMULATOR PENERBANGAN PERTAMA
Pada tahun 1929, Edward Link menciptakan "Tali Pelatih" (dipatenkan 1931) menjadi contoh pertama dari simulator penerbangan komersial, yang seluruhnya elektromekanis. Itu dikendalikan oleh motor yang terhubung ke kemudi dan kolom kemudi untuk memodifikasi pitch and roll. Alat penggerak motor kecil meniru turbulensi dan gangguan. Begitulah perlunya cara yang lebih aman untuk melatih pilot bahwa militer AS membeli enam perangkat ini seharga $ 3500. Pada tahun 2015 uang ini hanya memalukan $ 50.000. Selama Perang Dunia II lebih dari 10.000 "kotak biru" Pelatih Link digunakan oleh lebih dari 500.000 pilot untuk pelatihan awal dan meningkatkan keterampilan mereka.

        
*Edward Link
*Simulator Penerbangan

1950 - SENSORAMA MORTON HEILIG

          Pada pertengahan 1950-an, sinematografer Morton Heilig mengembangkan Sensorama (dipatenkan tahun 1962) yang merupakan lemari teater bergaya arcade yang akan merangsang semua indera, tidak hanya melihat dan mendengar suara. Ini menampilkan speaker stereo, layar 3D stereoskopis, kipas angin, generator bau dan kursi bergetar. Sensorama dimaksudkan untuk sepenuhnya membenamkan individu dalam film. Dia juga menciptakan enam film pendek untuk penemuannya yang dengannya dia mengambil gambar, memproduksi dan mengedit dirinya sendiri.
sensorama-patent                                                        sensorama2

Berikut cuplikan videonya :



1968 - Pedang Damokles


Pada tahun 1968 Ivan Sutherland dan muridnya Bob Sproull menciptakan tampilan kepala / kepala kemudi VR pertama yang terhubung ke komputer dan bukan kamera. Alat itu sangat besar dan menakutkan yang terlalu berat untuk dipakai oleh pengguna apapun agar nyaman dipakai dan ditangguhkan dari langit-langit (dengan demikian namanya). Pengguna juga perlu diikat ke perangkat. Grafik yang dihasilkan komputer adalah ruang dan bingkai wireframe yang sangat primitif.

ivan-sword-of-damocles





1993 - SEGA mengumumkan kacamata VR baru


Sega mengumumkan headset Sega VR untuk konsol Sega Genesis pada tahun 1993 di Consumer Electronics Show pada tahun 1993. Bungkus protoype wrap-around memiliki head tracking, suara stereo dan layar LCD di pelindung mata. Sega sepenuhnya bermaksud merilis produk dengan harga sekitar $ 200 pada saat itu, atau sekitar $ 322 pada tahun 2015 uang. Namun, kesulitan pengembangan teknis berarti perangkat tersebut selamanya akan bertahan dalam fase prototip meski telah mengembangkan 4 game untuk produk ini. Ini adalah kegagalan besar bagi Sega.

sega-vr


1995 - Nintendo Virtual Boy

Nintendo Virtual Boy (awalnya dikenal sebagai VR-32) adalah konsol game 3D yang mendapat penghargaan sebagai konsol portabel pertama yang dapat menampilkan grafis 3D yang sebenarnya. Ini pertama kali dirilis di Jepang dan Amerika Utara dengan harga $ 180 namun merupakan kegagalan komersial meski harga turun. Alasan yang dilaporkan untuk kegagalan ini adalah kurangnya warna pada grafis (permainan berwarna merah dan hitam), ada kekurangan dukungan perangkat lunak dan sulit untuk menggunakan konsol dalam posisi yang nyaman. Tahun berikutnya mereka menghentikan produksi dan penjualannya.

virtual-boy-controllervirtual-boy-eyes



VIRTUAL REALITY ABAD KE-21

Hasil gambar untuk virtual reality termahal

Di lima belas tahun pertama abad ke-21 telah melihat kemajuan pesat dan besar dalam pengembangan realitas maya. Teknologi komputer, terutama teknologi mobile kecil dan kuat, telah meledak sementara harga terus turun. Maraknya smartphone dengan display high density dan kemampuan grafis 3D telah memungkinkan sebuah generasi perangkat virtual reality yang ringan dan praktis. Industri video game terus mendorong perkembangan realitas virtual konsumen tanpa henti. Kedalaman sensor penginderaan sensor suite, motion controllers dan natural human interface sudah menjadi bagian dari tugas komputasi manusia sehari-hari.

Baru-baru ini perusahaan seperti Google telah merilis produk virtual reality sementara seperti Google Cardboard, headset DIY yang menggunakan smartphone untuk mengendarainya. Perusahaan seperti Samsung telah mengambil konsep ini lebih jauh dengan produk seperti Galaxy Gear, yang diproduksi massal dan berisi fitur "cerdas" seperti kontrol isyarat.

Versi pengembang produk konsumen akhir juga telah tersedia selama beberapa tahun, sehingga telah terjadi serangkaian proyek perangkat lunak yang menciptakan konten untuk masuknya pasar maya realitas maya modern.


Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya

https://en.wikipedia.org/wiki/Link_Trainer

https://techno.okezone.com/read/2016/03/02/57/1326124/virtual-reality-dari-masa-ke-masa-2-selesai

0 comments:

Post a Comment